Mungkin kalian pernah mendapatkan sebuah tebakan dengan pertanyaan “Ada bilangan yang terdiri dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. Kemudian semua bilangan tersebut dimasukkan ke dalam kotak persegi yang terdiri dari sembilan kotak. Bagaimana cara menyusun bilangan-bilangan tersebut agar diperoleh hasil dari jumlah angka horisontal, jumlah angka vertikal, maupun jumlah diagonalnya memiliki nilai yang sama.” Pertanyaan ini saya dapatkan sewaktu saya masih berada di Sekolah Dasar kelas IV.Pada prinsipnya tebakan ini dapat untuk melatih ketrampilan logika kita dan juga kemampuan aritmetika pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu saya merekomendasikan tebakan ini sebagai pengantar dalam pembelajaran matematika atau tebakan yang lainnya untuk merangsang siswa agar lebih berminat dalam mempelajari matematika.
Kembali pada pertanyaan awal tadi bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah langkah dalam menjawab pertanyaan tersebut.
1. Pada tiap-tiap sisi persegi buatlah kotak persegi pertolongan seperti gambar berikut :
2. Isikan bilangan-bilangan tersebut secara berurutan menurut arah diagonal sebagai berikut :
3. Tukarlah bilangan pada kotak pertolongan, bilangan yang ada di atas dengan yang ada di bawah, dan yang di samping kiri dengan yang di samping kanan. Isikan bilangan-bilangan hasil pertukaran itu, pada kotak kosong yang tersedia.
2 + 7 + 6 = 15
2 + 9 + 4 = 15
9 + 5 + 1 = 15
2 + 5 + 8 = 15
dan seterusnya………
Ternyata semua bilangan pada baris, kolom dan diagonalnya memang menghasilkan bilangan yang sama, yaitu15
Artikel Lainnya :
- Permendikbud Nomor 97 Tahun 2013 Tentang Kriteria Kelulusan UN 2014
- Mulai 2014 Tunjangan Profesi Guru Jenjang SMA/SMK Melalui Dapodik
- Cara Menghitung Faktorial dengan MS Excel
- Kisi-kisi Ujian Nasional 2014 (akan) sama dengan Kisi-kisi UN 2013
- Download Materi Geometri Transformasi
- Tentang Karya Tulis Ilmiah (KTI)
- Pembelajaran Kurikulum 2013 Menggunakan Pendekatan Saintific
- Akhirnya Keluar Juga Keputusan Dirjen Dikmen Tentang LCK (Laporan Capaian Kompetensi)
- Draf Perubahan PP Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Beban Kerja Guru
- Download Materi Vektor
Tidak ada komentar:
Posting Komentar